Selasa, 20 Mei 2014

contoh rpp narrative text untuk SMA sesuai kurikulum 2014


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah                       : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester          : X / 2 (Dua)
Materi Pokok              : Teks Narative
Alokasi Waktu            : 2 x  45 menit ( 1 x pertemuan)
Tahun Ajaran              : 2013/2014

A.    Kompetensi Inti
KI 1          : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2         : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3         : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4         : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.






B.     Kompetensi Dasar dan Indikator:  
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar     komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.1.
Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

2.3.
Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi fungsional.

3.9.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat sesuai dengan konteks penggunaannya.
·      Menganalisis struktur teks naratif sederhana berbentuk legenda sederhana.
·      Menganalisis unsur kebahasaan teks naratif sederhana berbentuk legenda sederhana.
4.15.
Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana.
·      Menangkap gagasan utama, makna kata, dan menggali informasi tentang teks naratif tulis legenda sederhana.
·      Menyajikan gagasan utama dan makna kata dalam teks naratif tulis berbentuk legenda sederhana.
·      Menyimpulkan pesan moral (moral value) dalam teks naratif tulis berbentuk legenda sederhana.

C.    Tujuan Pembelajaran
Sikap:
1.    Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.    Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik mampu meneladani sikap dan tindakan peduli, percaya diri, disiplin, dan cinta damai yang ditunjukkan oleh tokoh dalam teks naratif berbentuk legenda sederhana.
3.    Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik mampu menunjukkan perilaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dalam pembelajaran teks naratif berbentuk legenda sederhana.

Pengetahuan:
4.    Peserta didik dengan membaca teks naratif dan diskusi mampu menjelaskan struktur teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat (orientation, complication, resolution dan coda).
5.    Peserta didik dengan membaca teks naratif dan diskusi mampu menjelaskan unsur kebahasaan teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat.

Keterampilan:
6.    Peserta didik melalui diskusi mampu menganalisis gagasan utama, makna kata, dan menggali informasi tentang teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana.
7.    Peserta didik melalui diskusi mampu menafsirkan gagasan utama dan makna kata dalam teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana.
8.    Peserta didik melalui diskusi mampu menyimpulkan dan menyajikan pesan moral (moral value) dalam teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana.

 

D.    Materi Pembelajaran
Konsep                       :
-          Teks Naratif                       The Story of Lake Toba
-          Tujuan teks naratif : To amuse, entertain and to deal with actual or various experience in different ways; Narratives deal with problematic events which lead to a crisis or turning point of some kind, which in turn finds 2 resolution.
-          Struktur teks naratif          :
1.       Orientation: biasanya bagian ini berisi tentang pengenalan tokoh setting tempat/ latar, waktu.
2.      Complication: berisi tentang awal mula terjadinya masalah dan konflik-konflik yang dialami tokoh utama.
3.      Resolution: berisi tentang penurunan/ penyelesaian masalah dari konflik yang terjadi
.

4.      Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi kelompok, penugasan dan presentasi

5.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media :  Power Point tentang teks naratif “The Story of Lake Toba”
2.      Alat     :  LCD Proyektor, Laptop,hand out, dan lembar kerja siswa tentang teks naratif “The Story of Lake Toba”
3.      Sumber Pembelajaran:
·         http://englishstory83.blogspot.com/2008/09/social-function-narrative.html
·         http://en.wikipedia.org/wiki/Text_types#Narrative_text_type
·         http://shared777.blogspot.com/2014/02/narrative-text-







Langah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

No
Tahap
Kegiatan Belajar
Alokasi waktu
1.
Pendahuluan
1.    Siswa membalas salam dari guru.
2.    Siswa menjawab presensi dari guru
3.    Siswa berdo’a sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar
4.    Siswa merespon pertanyaan dari guru berkenaan dengan kebiasaan mendengarkan dongeng di masa kecil
5.    Siswa merespon contoh gambar berupa kancil untuk mengingat kembali
6.    Guru menjelaskan pengetahuan umum tentang teks narrative kepada kepada siswa guna memberikan background knowledge agar siswa lebih mudah mecerna teks yang diberikan.
5 menit
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Siswa membaca teks narrative tentang legenda “The Story of Lake Toba”  yang di berikan oleh guru.
·      Siswa mencermati fungsi struktur teks dan structure yang dignakan dalam teks legenda “The Story of Lake Toba”.
·      Siswa mencari pesan yang terkandung dalam teks legenda “The Story of Lake Toba”.
·      siswa dapat mencari ide pokok paragraph yang terkandung dalam teks bacaan, serta dapat menemukan informasi tersurat, maupun tersirat dalam teks legena “The Story of Lake Toba”.
Menanya
·      siswa mempertanyakan ide pokok setiap paragraf, makna dari kata-kata baru dan informasi rinci dalam teks “The Story of Lake Toba”.
Mengeksplorasi
·    siswa dapat menemukan ide pokok pada setip paragraf, informasi tersirat maupun tersurat dalam teks “The Story of Lake Toba”.
·    Siswa  menafsirkan ide pokok paragraf, informasi tersirat maupun tersurat dalam teks “The Story of Lake Toba”.
Mengasosiasikan
·      Secara berkelompok siswa menganalisis teks legenda The Story of Lake Toba dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaannya.

Mengkomunikasikan
·      Siswa menjelaskan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasan yang ditemukan setelah membaca teks legenda The Story of Lake Toba”..
·      Peserta didik menyimpulkan nilai moral yang ditemukan pada teks legenda The Story of Lake Toba”.
70 menit
3.
Penutup
·           Siswa memperoleh umpan balik (feedback) dan penguatan dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
·         Peserta didik menyempurnakan kembali struktur teks naratif “The Story of Lake Toba” berdasarkan umpan balik (feedback) dari guru dan teman.
·         Peserta didik menerima informasi tentang rencana pelaksanaan pembelajaran pertemuan mendatang
10 menit
E.     Penilaian
1.  Sikap Sosial
1.  Jenis/Teknik Penilaian                    :  penilaian diri
2.  Bentuk Instrumen Penilaian Diri   :  lembar penilaian diri
Penilaian Sikap Sosial
No
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Mengerjakan dengan mandiri atau sesuai perintah guru


2
Mengerjakan tugas tidak mencontek


3
Datang tepat waktu di kelas


4
Berpakaian rapi sesuai ketentuan


5
Mentaati aturan guru saat pembelajaran berlangsung


6
Berbicara, berbahasa lisan dan tulis dengan baik


7
Mengumpulkan tugas tepat waktu


8
Mengejakan tugas yang diberikan guru dengan baik


9
Tidak menyalahkan teman lain dalam bekerja


10
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan



            3.  Pedoman Penskoran
Keterangan:  Skor = 1 (Ya)    Skor = 0 (Tidak)
SB          = jika skor 11 - 12
B            = jika skor 9 - 10
C            = jika skor 6 - 8
2. Pengetahuan
1. Jenis/Teknik Penilaian                        :  tes tertulis
2. Bentuk instrument                             :  uraian







  
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah                       : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester          : X / 2 (Dua)
Materi Pokok              : Teks Narative
Alokasi Waktu            : 2 x  45 menit ( 1 x pertemuan)
Tahun Ajaran              : 2013/2014

A.    Kompetensi Inti
KI 1          : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2         : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3         : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4         : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.






B.     Kompetensi Dasar dan Indikator:  
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar     komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.1.
Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

2.3.
Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi fungsional.

3.9.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat sesuai dengan konteks penggunaannya.
·      Menganalisis struktur teks naratif sederhana berbentuk legenda sederhana.
·      Menganalisis unsur kebahasaan teks naratif sederhana berbentuk legenda sederhana.
4.15.
Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana.
·      Menangkap gagasan utama, makna kata, dan menggali informasi tentang teks naratif tulis legenda sederhana.
·      Menyajikan gagasan utama dan makna kata dalam teks naratif tulis berbentuk legenda sederhana.
·      Menyimpulkan pesan moral (moral value) dalam teks naratif tulis berbentuk legenda sederhana.

C.    Tujuan Pembelajaran
Sikap:
1.    Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.    Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik mampu meneladani sikap dan tindakan peduli, percaya diri, disiplin, dan cinta damai yang ditunjukkan oleh tokoh dalam teks naratif berbentuk legenda sederhana.
3.    Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik mampu menunjukkan perilaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dalam pembelajaran teks naratif berbentuk legenda sederhana.

Pengetahuan:
4.    Peserta didik dengan membaca teks naratif dan diskusi mampu menjelaskan struktur teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat (orientation, complication, resolution dan coda).
5.    Peserta didik dengan membaca teks naratif dan diskusi mampu menjelaskan unsur kebahasaan teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat.

Keterampilan:
6.    Peserta didik melalui diskusi mampu menganalisis gagasan utama, makna kata, dan menggali informasi tentang teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana.
7.    Peserta didik melalui diskusi mampu menafsirkan gagasan utama dan makna kata dalam teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana.
8.    Peserta didik melalui diskusi mampu menyimpulkan dan menyajikan pesan moral (moral value) dalam teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana.

 

D.    Materi Pembelajaran
Konsep                       :
-          Teks Naratif                       The Story of Lake Toba
-          Tujuan teks naratif : To amuse, entertain and to deal with actual or various experience in different ways; Narratives deal with problematic events which lead to a crisis or turning point of some kind, which in turn finds 2 resolution.
-          Struktur teks naratif          :
1.       Orientation: biasanya bagian ini berisi tentang pengenalan tokoh setting tempat/ latar, waktu.
2.      Complication: berisi tentang awal mula terjadinya masalah dan konflik-konflik yang dialami tokoh utama.
3.      Resolution: berisi tentang penurunan/ penyelesaian masalah dari konflik yang terjadi
.

4.      Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi kelompok, penugasan dan presentasi

5.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media :  Power Point tentang teks naratif “The Story of Lake Toba”
2.      Alat     :  LCD Proyektor, Laptop,hand out, dan lembar kerja siswa tentang teks naratif “The Story of Lake Toba”
3.      Sumber Pembelajaran:
·         http://englishstory83.blogspot.com/2008/09/social-function-narrative.html
·         http://en.wikipedia.org/wiki/Text_types#Narrative_text_type
·         http://shared777.blogspot.com/2014/02/narrative-text-







Langah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

No
Tahap
Kegiatan Belajar
Alokasi waktu
1.
Pendahuluan
1.    Siswa membalas salam dari guru.
2.    Siswa menjawab presensi dari guru
3.    Siswa berdo’a sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar
4.    Siswa merespon pertanyaan dari guru berkenaan dengan kebiasaan mendengarkan dongeng di masa kecil
5.    Siswa merespon contoh gambar berupa kancil untuk mengingat kembali
6.    Guru menjelaskan pengetahuan umum tentang teks narrative kepada kepada siswa guna memberikan background knowledge agar siswa lebih mudah mecerna teks yang diberikan.
5 menit
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Siswa membaca teks narrative tentang legenda “The Story of Lake Toba”  yang di berikan oleh guru.
·      Siswa mencermati fungsi struktur teks dan structure yang dignakan dalam teks legenda “The Story of Lake Toba”.
·      Siswa mencari pesan yang terkandung dalam teks legenda “The Story of Lake Toba”.
·      siswa dapat mencari ide pokok paragraph yang terkandung dalam teks bacaan, serta dapat menemukan informasi tersurat, maupun tersirat dalam teks legena “The Story of Lake Toba”.
Menanya
·      siswa mempertanyakan ide pokok setiap paragraf, makna dari kata-kata baru dan informasi rinci dalam teks “The Story of Lake Toba”.
Mengeksplorasi
·    siswa dapat menemukan ide pokok pada setip paragraf, informasi tersirat maupun tersurat dalam teks “The Story of Lake Toba”.
·    Siswa  menafsirkan ide pokok paragraf, informasi tersirat maupun tersurat dalam teks “The Story of Lake Toba”.
Mengasosiasikan
·      Secara berkelompok siswa menganalisis teks legenda The Story of Lake Toba dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaannya.

Mengkomunikasikan
·      Siswa menjelaskan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasan yang ditemukan setelah membaca teks legenda The Story of Lake Toba”..
·      Peserta didik menyimpulkan nilai moral yang ditemukan pada teks legenda The Story of Lake Toba”.
70 menit
3.
Penutup
·           Siswa memperoleh umpan balik (feedback) dan penguatan dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
·         Peserta didik menyempurnakan kembali struktur teks naratif “The Story of Lake Toba” berdasarkan umpan balik (feedback) dari guru dan teman.
·         Peserta didik menerima informasi tentang rencana pelaksanaan pembelajaran pertemuan mendatang
10 menit
E.     Penilaian
1.  Sikap Sosial
1.  Jenis/Teknik Penilaian                    :  penilaian diri
2.  Bentuk Instrumen Penilaian Diri   :  lembar penilaian diri
Penilaian Sikap Sosial
No
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Mengerjakan dengan mandiri atau sesuai perintah guru


2
Mengerjakan tugas tidak mencontek


3
Datang tepat waktu di kelas


4
Berpakaian rapi sesuai ketentuan


5
Mentaati aturan guru saat pembelajaran berlangsung


6
Berbicara, berbahasa lisan dan tulis dengan baik


7
Mengumpulkan tugas tepat waktu


8
Mengejakan tugas yang diberikan guru dengan baik


9
Tidak menyalahkan teman lain dalam bekerja


10
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan



            3.  Pedoman Penskoran
Keterangan:  Skor = 1 (Ya)    Skor = 0 (Tidak)
SB          = jika skor 11 - 12
B            = jika skor 9 - 10
C            = jika skor 6 - 8
2. Pengetahuan
1. Jenis/Teknik Penilaian                        :  tes tertulis
2. Bentuk instrument                             :  uraian







Tidak ada komentar:

Posting Komentar